Ternyata Lubang Hidung Memiliki Fungsi yang Berbeda

Binder Pengetahuan - Ternyata Lubang Hidung Memiliki Fungsi yang Berbeda - Hidung adalah organ tubuh yang paling penting bagi manusia. Hidung dapat difungsikan sebagai alat pencium serta untuk pernapasan. Manusia dilengkapi dengan satu hidung dan memiliki dua lubang hidung.


Ternyata Lubang Hidung Memiliki Fungsi yang Berbeda

Kebanyakan orang tidak memperhatikan fungsi dari masing-masing lubang hidung. Karena banyak orang beranggapan bahwa kedua lubang hidung ini memiliki fungsi yang sama, tapi tahukah anda bahwa ternyata lubang hidung kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda - beda?

Lubang hidung kanan berfungsi berfungsi mengeluarkan udara panas dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan sekresi asam. Sedangkan menghembuskan udara dari lubang hidung kiri dapat meningkatkan pengeluaran alkali atau basa.

Baik lubang hidung kanan dan kiri berhubungan dengan sisi berlawanan dari belahan otak dan lobus penciuman. Hidung berada dalam kontak langsung dengan hipotalamus melalui jalur dengan lobus pencium di otak. Hipotalamus adalah bagian dari sistem limbik, yang terkait dengan emosi dan motivasi.

Lubang hidung melalui proses respirasi dihubungkan dengan respons neuromotor dan dengan sistem saraf otonom. Respons neuromotor ini mempengaruhi belahan otak atau hemisphere dan juga aktivitas kimia otak, yang pada akhirnya mempengaruhi semua fungsi tubuh.

Jika kita bernapas melalui lubang hidung sebelah kiri, maka hal ini akan mempengaruhi aktivitas kortikal otak di sisi kanan, dan sebaliknya. Belahan otak kanan yang dipengaruhi oleh dominasi lubang hidung sebelah kiri, terkait dengan kemampuan emosional, visual, relaksasi dan kegiatan yang bersifat feminin.

Sedangkan belahan otak kiri, yang dirangsang oleh dominasi lubang hidung kanan, dihubungkan dengan kegiatan verbal, lebih energik dan rasional. Masing-masing lubang hidung juga memiliki fungsi dalam hal penyembuhan, diantaranya:

Bernapas dominan lubang hidung kanan:
  • Meredakan sakit kepala
  • Dapat membantu menyembuhkan gangguan pencernaan kronis
  • Meringankan susah buang air besar (sembelit) dan susah makan
Bernapas dominan lubang hidung kiri:
  • Dapat meredakan stres
  • Mengatasi kesulitan tidur atau insomnia.

Dapatkan Update Terbaru Gratis!

4 Responses to "Ternyata Lubang Hidung Memiliki Fungsi yang Berbeda"

  1. nice, gan.
    Btw. hidung ane lebih elastis yg kanan dari yg kiri, itu ngefek juga?

    ReplyDelete
  2. nambah ilmu baru lagi nih, makasih gan infonya

    ReplyDelete

Orang yang pintar pasti berkomentar dengan bahasa yang baik atau mudah dimengerti dan tidak adanya jenis komentar spam dan link aktif.

Terima kasih.